Nasihatilah Aku Sebelum Engkau Pergi


Ibnul Qayyim berkata dalam kitab Al Fawaid : “perkumpulan sesama saudara itu terbagi menjadi dua:
1.    Perkumpulan yang hanya untuk menghibur hati dan menghabiskan waktu sia-sia. Perkumpulan seperti ini mudharatnya lebih banyak daripada manfaatnya. Setidaknya perkumpulan seperti ini dapat merusak hati dan membuang waktu sia-sia begitu saja.
2.    Perkumpulan untuk saling bekerja sama memperoleh kesuksesan dan saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Perkumpulan seperti ini mendatangkan kebaikan dan manfaat yang sangat besar.

Mengunjungi saudara karena Allah akan memperoleh
ganjaran pahala yang besar dari Allah. Oleh karena itu, masing-masing dari kita wajib mengunjungi saudaranya dengan meniatkan kunjungan tersebut karena Allah, bukan hanya sekedar untuk menghabiskan waktu sia-sia dan menghibur hati belaka.

Mari kita sama-sama saling bekerja sama untuk menjadikan kunjungan kita kepada saudara kita dalam rangka untuk saling menasihati dan menanyakan kondisi saudara-saudara kita. Selain itu, dalam rangka untuk saling merasakan kebahagiaan ataupun kesedihan yang sedang dirasakan. Hendaknya setiap kunjungan diakhiri dengan saling memberikan nasihat.

Allah berfirman :
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr : 1-3)

0 komentar:

Posting Komentar