tips" ..

Tips bangun malam/dini hari :

1. Jangan merasa bangun malam/dini hari itu sulit, perasaan sulit akan menjadi sugesti negatif yang makin memberatkan diri untuk bangun.


2. Jaga keikhlasan serta perbanyak istighfar dan zikir, boleh jadi dosa dan kelalaian dirilah yang mengakibatkan sulitnya kita untuk bangun kemudian beribadah


3. Mengingat manfaat ibadah pada waktu ini –baik itu tahajjud ataupun shalat jamaah subuh, manfaat dunia maupun akhirat- tulis jika perlu dalam lembar atau tempat yang mudah dilihat dalam jumlah yang mencukupi untuk ditampilkan secara bergantian tiap harinya, agar semangat baru selalu terasa tiap kali membacanya


4. Sebelum tidur, lakukan adab-adab yang dituntunkan syari’at, seperti berwudlu, berdoa, posisi tidur, dsb. Penjagaan Allah diawali dari penjagaan kita terhadap adab dan tuntunan yang telah digariskan-Nya. InsyaAllah akan terasa mudah sekali untuk bangun malam jika poin ini terpenuhi.


5. Kenali selama tidur ideal masing-masing kita. Apakah itu 5 jam, 6 jam, atau 7 jam; sehingga kita tahu kapan saat harus tidur dengan memperkirakan waktu bangun sekitar jam 3 dini hari. Beberapa rekan menyatakan, “asalkan tidur tidak lebih dari jam 11 malam, insyaAllah paginya bisa bangun untuk shalat malam”. Lebih baik kerjakan tugas/lembur saat dini hari, daripada malam harinya.


6. Jangan melupakan tidur siang selagi ada kesempatan. Tidur siang memperkuat daya tahan kita untuk bangun malam harinya.


7. Letakkan bel/alarm pada tempat yang kurang terjangkau tapi masih terdengar keras, semisal di bagian atas tempat tidur. Sehingga kita bangun tapi tidak sekadar untuk mematikan bel/alarm tersebut. Jka perlu, saling mengingatkan/membangunkan sesame teman.


8. Bertahap dalam mendidik diri. Maksudnya, pada awal pengerjaan ibadah, ambil rakaat tahajud yang ringan (2-4 rakaat) dengan jeda yang tidak terlalu jauh dengan shalat subuh. Setelah itu ditingkatkan secara bertahap sesuai kemampuan kita.


9. Lakukan “reward and punishment” guna mendisiplinkan diri. Hanya saja, jangan terlalu keras menghukum diri, karena bisa berakibat keengganan untuk melanjutkan rangkaian ibadah ini.


2 komentar:

dhe@dewiflorist mengatakan...

Tipsnya baguz banget!

tar q cb ah, soalnya q susah banget bangun :(

frisca mengatakan...

silahkan dcoba ..
smg bmanfaat y . ^^

Posting Komentar