Menu Sehat Puasa

Tips menu sehat saat puasa :

1. Berniatlah puasa. Niat puasa itu memprogram hormon-hormon dan sel-sel tubuh kita untuk membantu proses puasa dan detoksifikasi (pembuangan racun dari tubuh), meski kita lalai makan sahur atau hanya sempat sahur dengan air putih.


2. Sahurlah dengan makanan berindeks glisemik rendah dan makanan lainnya yang kaya vitamin-mineral untuk menjaga vitalitas tubuh. Makanan yang mengandung indeks glisemik rendah mampu bertahan lebih lama dalam saluran pencernaan sehingga perasaan subjektif lapar makin berkurang. Selain itu, makanan yang indeks glisemiknya rendah melepas gula ke dalam peredaran darah secara bertahap. Lain halnya dengan makanan berindeks glisemik tinggi, begitu masuk ke dalam saluran pencernaan langsung diserap namun kurang member pasokan energy untuk bertahan sehari. Contoh makanan berindeks glisemik rendah adalah singkong, ketela, kentang, nasi, nasi jagung, umbi-umbian, beras merah, bulgur, dan oats. Sedangkan makanan dengan indeks glisemik tinggi adalah roti, bubur, mie instan.


3. Bersahurlah lebih akhir, saat mendekati imsak/fajar. Sehingga cadangan energy dari sahur cukup sampai berbuka.


4. Perbanyak minum air putih saat sahur maupun buka.


5. Agar kian menyehatkan diri serta lebih maksimal memperoleh manfaat puasa, jangan lupa menu sehat Rasul saw. Saat sahur maupun buka puasa, seperti kurma, madu, susu.


6. Jangan langsung berbuka dengan makanan besar (nasi), karena memerlukan waktu pencernaan yang lama dan membebani pencernaan. Jika mendahulukan makanan seperti ini justru sel-sel kian lapar meski diri merasa kenyang. Secara tidak langsung menyiksa tubuh bukan?! Berbukalah dengan makanan yang ringan dan manis, seperti kurma (ini yang terbaik), buah, maupun kue. Setelah shalat baru menyantap makanan berat. insyaAllah manfaatnya lebih maksimal.


7. Hindari pula berbuka dengan minum es apalagi sofdrink. Minuman yang satu ini dapat menahan lapar (member sugesti kenyang) sehingga asupan nutrisi kurang maksimal ketika tiba waktu makan.


0 komentar:

Posting Komentar